Dengan harga Bitcoin begitu mudah berubah semua orang penasaran. Bitcoin, pencipta kategori teknologi blockchain, adalah World Wide Ledger namun sangat rumit dan tidak ada satu definisi yang sepenuhnya merangkumnya. Dengan analogi itu seperti bisa mengirim koin emas melalui email. Ini adalah jaringan konsensus yang memungkinkan sistem pembayaran baru dan uang digital sepenuhnya.Ini adalah jaringan pembayaran peer-to-peer terdesentralisasi pertama yang diberdayakan oleh penggunanya tanpa otoritas pusat atau perantara. Bitcoin adalah implementasi praktis pertama dan saat ini merupakan sistem pembukuan rangkap tiga yang paling menonjol yang ada.

Waspadalah terhadap proyek Bitcoin Bcash, BCH, BSV, Proyek serupa Bitcoin yang membingungkan.

Siapa yang membuat Bitcoin?

Spesifikasi Bitcoin pertama dan bukti konsep diterbitkan pada tahun 2009 oleh seorang individu yang tidak dikenal dengan nama samaran Satoshi Nakamoto yang mengungkapkan sedikit tentang dirinya dan meninggalkan proyek pada akhir 2010. Komunitas Bitcoin telah tumbuh secara eksponensial.

Anonimitas Satoshi sering menimbulkan kekhawatiran yang tidak dapat dibenarkan karena kesalahpahaman tentang sifat open-source Bitcoin. Setiap orang memiliki akses ke semua kode sumber sepanjang waktu dan pengembang apa pun dapat meninjau atau memodifikasi kode perangkat lunak. Dengan demikian, identitas penemu Bitcoin mungkin hari ini relevan dengan identitas orang yang menemukan kertas.

Siapa yang terlibat dalam Bitcoin?

Lebih dari $1 miliar investasi dalam Bitcoin dan perusahaan blockchain telah terjadi yang menghasilkan ribuan perusahaan dan ratusan ribu orang yang terlibat dari seluruh dunia.

Apa itu Blockchain?


Siapa yang mengendalikan jaringan Bitcoin?

Tidak ada yang memiliki jaringan Bitcoin seperti tidak ada yang memiliki teknologi di balik email atau Internet. Transaksi Bitcoin diverifikasi oleh penambang Bitcoin yang memiliki seluruh industri dan opsi penambangan cloud Bitcoin. Sementara pengembang meningkatkan perangkat lunak mereka tidak dapat memaksakan perubahan dalam protokol Bitcoin karena semua pengguna bebas memilih perangkat lunak dan versi apa yang mereka gunakan.

Agar tetap kompatibel satu sama lain, semua pengguna harus menggunakan perangkat lunak yang mematuhi aturan yang sama. Bitcoin hanya dapat bekerja dengan benar dengan konsensus lengkap di antara semua pengguna. Karena itu, semua pengguna dan pengembang memiliki insentif kuat untuk melindungi konsensus ini.

Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Dari perspektif pengguna, Bitcoin tidak lebih dari aplikasi seluler atau program komputer yang menyediakan dompet Bitcoin pribadi dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima bitcoin.

Di belakang layar, jaringan Bitcoin berbagi buku besar publik yang disebut "rantai blok" ( Blockchain ). Buku besar ini berisi setiap transaksi yang pernah diproses yang memungkinkan komputer pengguna untuk memverifikasi validitas setiap transaksi.

Keaslian setiap transaksi dilindungi oleh tanda tangan digital yang sesuai dengan alamat pengiriman sehingga memungkinkan semua pengguna memiliki kontrol penuh atas pengiriman bitcoin.

Dengan demikian, tidak ada penipuan, tidak ada tolak bayar dan tidak ada informasi identitas yang dapat dikompromikan yang mengakibatkan pencurian identitas.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Bitcoin, Anda dapat berkonsultasi dengan whitepaper Bitcoin asli, membaca Pertanyaan yang Sering Diajukan, mendengarkan podcast Bitcoin atau membaca berita Bitcoin terbaru.

Sponsor untuk Bitcoin gratis

Banyak orang yang baru mengenal Bitcoin ingin tahu tentang cara mendapatkannya. Faucet Bitcoin, tempat bitcoin diberikan secara gratis, telah menjadi bagian dari penyebaran Bitcoin sejak awal. Namun satu masalah adalah kehabisan bitcoin untuk diberikan! Itulah sebabnya kami menemukan cara yang berkelanjutan untuk memberikan bitcoin gratis dengan sponsor.